menu

Kamis, 19 Maret 2015

Sejarah Berdirinya PIK-R Sehati



Seiring dengan berkembangnya teknologi di era globalisasi, ini menimbulkan beberapa dampak negatif, khususnya bagi remaja. Kenakalan remaja semakin marak seiring dengan semakin bebasanya pergaulan pada saat ini. Hal inilah yang membuat beberapa remaja di Desa Tawangsari merasa prihatin dengan kondisi remaja saat ini. Dengan didukung oleh Pemerintah Desa Tawangsari yang khawatir apabila kenakalan remaja ini dibiarkan, akan semakin memburuk dan akan merusak moral generasi bangsa ini.
Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulon Progo memberikan undangan kepada perwakilan remaja di setiap desa se-Kecamatan Pengasih untuk mengikuti sosialiasi kependudukan di Joglo Kecamatan Pengasih. Pada acara ini yang mewakili Desa Tawangsari adalah saudari Widyayanti dan Nita Arfiyani. Pada bulan berikutnya, dilanjutkan dengan undangan adanya sosialisasi kesehatan reproduksi remaja di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo yang juga dihadiri oleh saudari Widyayanti dan Nita Arfiyani.  Pada kedua pertemuan tersebut dipromosikan pula adanya Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) sebagai salah satu langkah untuk mencegah dan menangani permasalahan kenakalan remaja
Setelah adanya pertemuan-pertemuan tersebut, suadari Widyayanti dan Nita Arfiyani-pun membentuk PIKR di Desa Tawangsari. Untuk mewujudkan hal tersebut, tidaklah mudah, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Desa Tawangsari.  Pemerintah Desa Tawangsari menanggapi positif hal tersebut dan menginstruksikan untuk mengumpulkan remaja-remaja di Desa Tawangsari dan mengundang pihak BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai PIKR.
Acara yang semula hanya ingin mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk PIKR, namun ternyata justru dilanjutkan bersepakat untuk pendirian PIKR Sehati Desa Tawangsari dan sekaligus pembentukan pengurus. Sehingga pada tanggal 5 Agustus 2011 tersebut, diperingati sebagai lahirnya PIKR Sehati Desa Tawangsari.

Tidak ada komentar: